35 Rumah Moral Indonesia, Nama, Gambar, Dan Penjelasannya 4

Share it:
Artikel ini merupakan bab ke 4 dari artikel utama mengenai daftar nama rumah susila Indonesia. Nah, jikalau di artikel bab ke 3 kita telah membahas bermacam-macam rumah susila dari provinsi-provinsi di Pulau Kalimantan, di kesempatan kali ini kita akan mengulas secara lengkap wacana arsitektur dan gaya hunian rumah adat dari provinsi-provinsi di Pulau Sulawesi.

Rumah Adat Indonesia

Perlu diketahui bahwa ketika ini secara administratif, pulau Sulawesi terbagi atas 6 provinsi. Keenam provinsi tersebut antara lain Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, dan Provinsi Gorontalo. Provinsi-provinsi tersebut mempunyai keunikan rumah susila masing-masing mirip telah kami rangkum penjelasannya sebagai mana berikut.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 4

22. Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah susila Sulawesi Barat berjulukan Rumah Boyang. Rumah Boyang yaitu rumah susila yang berfungsi sebagai tempat tinggal nenek moyang suku Mandar, Sulawesi Barat di masa silam. Rumah Boyang mempunyai gaya arsitektur yang unik. Ia dibentuk dari susunan kayu kokoh yang membetuk model panggung dengan tian-tiang penyangga setinggi 2 meter.

Rumah Boyang dihiasi dengan bermacam-macam pernik. Di dinding bab luar dan dalam rumah misalnya, kita sanggup menemukan gesekan atau pahatan-pahatan yang khas. Selengkapnya wacana keunikan rumah susila Sulawesi Barat ini, silakan baca klarifikasi lengkapnya di link ini.


 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 4

23. Rumah Adat Sulawesi Selatan

Rumah susila Sulawesi Selatan berjulukan Rumah Tongkonan. Rumah susila satu ini sudah sangat terkenal sampai ke seluruh dunia alasannya yaitu arsitektur dan bentuknya yang sangat unik. Atap dari rumah khas masyarakat suku Toraja ini berbentuk melengkung mirip bentuk bahtera mirip sanggup dilihat pada gambar di samping.

Selain berfungsi sebagai rumah tinggal, Tongkonan juga menjadi identitas budaya dan kearifan masyarakat Suku Toraja. Di bab depan rumah ini umumnya terdapat susunan tanduk kerbau yang dipajang rapi. Semakin banyak jumlah tanduk kerbau suatu rumah, maka semakin besar pula tingkat atau strata sosial pemilik rumah dalam kehidupan susila suku Toraja. Selengkapnya wacana keunikan rumah susila Sulawesi Selatan ini, silakan baca klarifikasi lengkapnya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 4

24. Rumah Adat Sulawesi Tengah

Rumah susila Sulawesi Tengah berjulukan Rumah Tambi dan Rumah Souraja. Rumah Tambi merupakan rumah yang dipakai oleh masyarakat suku Kaili sebagai tempat tinggal, sementara Rumah Souraja dipakai oleh para aristokrat dan pembesar kerajaan.

Rumah Tambi umumnya berbentuk persegi panjang dengan atap yang besar menjulang ke atas. Atap tersebut selain berfungsi sebagai peneduh juga ternyata berfungsi sebagai dinding rumah. Adapun ukuran rumahnya sendiri terbilang sedang, yakni sekitar 5 x 7 meter.

Rumah Souraja mempunyai gaya arsitektur dan ukuran yang berbeda dengan rumah Tambi, selengkapnya wacana desain rumah susila satu ini, silakan menuju link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 4

25. Rumah Adat Sulawesi Tenggara

Rumah susila Sulawesi Tenggara berjulukan Banua Tada. Rumah susila ini merupakan tempat tinggal bai masyarakat suku Wolio atau suku Buton. Banua Tada berbentuk mirip kebanyakan rumah susila lainnya di Indonesia, yaitu berupa rumah panggung. Yang unik, rumah khas orang Buton ini sanggup berdiri tegak sekalipun tidak memakai satu paku pun untuk menguatkan ikatan antar kayu, mereka memakai tali yang diperoleh dari alam.

Nama Banua Tada sendiri berasal dari kata Banua yang berarti Rumah dan Tada yang berarti Siku. Oleh alasannya yaitu itu, rumah susila khas Sulawesi Tenggara ini juga sanggup disebut Rumah Siku, sesuai dengan gaya arsitekturnya. Selengkapnya wacana keunikan rumah susila Sulawesi Tenggara ini, silakan baca klarifikasi lengkapnya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 4

26. Rumah Adat Sulawesi Utara

Rumah susila Sulawesi Utara berjulukan Rumah Walewangko atau Rumah Pewaris. Rumah susila ini merupakan rumah khas suku Minahasa di Sulawesi Utara yang sampai sekarang gaya arsitekturnya masih kerap dipakai dalam bangunan rumah modern masyarakatnya.

Rumah Walewangko berbentuk rumah panggung dengan tiang penopang terbuat dari kayu yang kokoh. Karena berbentuk rumah panggung, rumah Walewangko mempunyai kolong rumah, yang lalu biasa dipakai untuk tempat penyimpanan hasil panen dan sangkar ternak. Seperti rumah susila dari tempat lainnya di Indonesia, rumah susila Sulawesi Utara ini juga dibagi ke dalam beberapa ruangan, yaitu bab depan (Lesar), bab tengah (Sekey), dan bab belakang (Pores). Selengkapnya wacana keunikan dan bagian-bagian rumah susila Sulawesi Utara, silakan baca klarifikasi lengkapnya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 4

27. Rumah Adat Gorontalo

Rumah susila Gorontalo berjulukan rumah susila Dulohupa. Rumah susila ini merupakan rumah panggung dengan pilar-pilar kayu dan atap yang artistik. Rumah Dolohupa merupakan salah satu peninggalan budaya masyarakat suku Gorontalo. Sesuai namanya Dolohupa yang dalam bahasa Gorontalo berarti Mufakat, maka rumah susila ini juga lebih difungsikan sebagai tempat atau balai musyawarah masyarakat susila Bandayo Doluhupa.

Selain Doluhupa, masyarakat Gorontalo juga mengenal beberapa jenis arsitektur rumah susila lainnya, mirip Rumah susila Po Boide dan Rumah susila Gobel. Selengkapnya wacana arsitektur rumah susila Gorontalo, silakan baca klarifikasi lengkapnya di link ini.

Share it:

4. Sulawesi

Rumah Adat

Post A Comment:

0 comments: