5 Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat, Gambar, Dan Penjelasannya

Share it:
Alat Musik Tradisional / Sulawesi Barat memang merupakan provinsi yang gres terbentuk 12 tahun silam, tepatnya pada 5 Oktober 2004 silam. Namun, hal ini bukan berarti provinsi ini tidak mempunyai suatu ikon budaya sebagai bukti kemajuan peradaban masyarakatnya. Kita sanggup melihat budaya Suku Mandar sebagai entitas terbesar di provinsi berjuluk "Mellete Diatonganan" atau “Meniti pada Kebenaran” ini. Dalam budaya dan seni musik misalnya, kita sanggup melihat beberapa jenis alat musik tradisional Sulawesi Barat yang penjelasannya akan disampaikan pada artikel kali ini.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

 Sulawesi Barat memang merupakan provinsi yang gres terbentuk  5 Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat, Gambar, dan Penjelasannya

1. Alat Musik Kecapi Mandar

Kecapi Mandar ialah sebuah alat musik petik yang berasal dari budaya suku Mandar di Sulawesi Barat. Alat musik ini terbilang unik dan berbeda dengan jenis kecapi yang berasal dari budaya Tionghoa. Ia dimainkan dengan cara direngkuh oleh pemainnya ibarat dalam permainan gitar. Jumlah senar dalam kecapi ini terbilang cukup banyak, yakni sekitar 20 buah. Oleh hasilnya sangat jarang orang Mandar yang sanggup memainkan instrumen ini. Biasanya mereka yang lanjut usialah yang bisa, itu pun dalam jumlah yang terbatas.

Dalam bahasa Mandar sendiri, alat musik Tradisional Sulawesi Barat ini disebut dengan nama Kacaping Tobaine.
Baca Juga : Pakaian Adat Sulawesi Barat

2. Alat Musik Calong

Selanjutnya ialah calong. Alat musik ini terbuat dari materi buah kelapa dan bambu dan dimainkan dengan cara dipukul. Awalnya instrumen yang tergolong ke dalam jenis perkusi ini dimainkan secara tunggal, namun pada perkembangannya ia lalu dikolaborasikan dengan alat musik tradisional Sulawesi Tenggara lainnya. Pada pembukaan Pekan Olahraga Sulawesi Barat yang pertama, tepatnya di tahun 2007, calong sempat dimainkan secara masal sebagai musik pembukanya.

 Sulawesi Barat memang merupakan provinsi yang gres terbentuk  5 Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat, Gambar, dan Penjelasannya

3. Alat Musik Gongga

Gongga bahu-membahu ibarat mirip kelintang. Alat musik tradisional Sulawesi Barat ini terbuat dari susunan bilah-bilah bambu dengan ukuran beragam. Bilah bambu yang berjumlah 7 buah tersebut diuntai dalam sebuah ikatan tali dan akan menghasilkan nada-nada melodis ketika dipukul. Untuk resonatornya, di bab untaian bilah bambu tersebut diletakan bambu lingkaran yang dilubangi di bab tengahnya.

4. Alat Musik Keke

Keke ialah alat musik tiup (aerophone) yang terbuat dari bambu khas suku Mandar. Instrumen ini selama bertahun-tahun dianggap telah mati suri. Saat ini hanya beberapa orang renta saja yang sanggup memainkannya. Bentuknya sendiri ibarat alat musik genggong dengan ornamen khusus di beberapa bagiannya.

 Sulawesi Barat memang merupakan provinsi yang gres terbentuk  5 Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat, Gambar, dan Penjelasannya

5. Alat Musik Rebana

Budaya Melayu juga mengambil andil besar dalam kehidupan masyarakat Mandar dan Toraja di Sulawesi Barat. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya alat musik rebana dalam daftar alat musik tradisionalnya. Rebana khas Suku Mandar mempunyai keunikan tersendiri. Di bab samping rangkanya tidak terdapat logam-logam yang menghasilkan bunyi gemerincing ketika bab membrannya ditepuk.
Baca Juga : Alat Musik Tradisional Banten
Nah, itulah daftar beberapa alat musik tradisional Sulawesi Barat khas suku Mandar. Pelestarian warisan-warisan budaya ibarat alat musik tradisional di atas ialah tanggung jawab kita bersama. Jangan hingga ia punah atau justru diakui oleh bangsa lain menjadi kepemilikannya. Semoga bermanfaat.
Share it:

4. Sulawesi

Alat Musik Tradisional

Post A Comment:

0 comments: