10 Teladan Tari Kelompok, Pengertian, Dan Penjelasannya

Share it:
Berdasarkan setting panggung dan jumlah penari nya, tari berpasangan, di kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan dan akan mengulas wacana pengertian dan contoh tari kelompok lengkap dengan asal daerahnya. Bagi Anda yang membutuhkan gosip seputar hal ini, silakan simak pembahasan berikut!

Contoh Tari Kelompok

Apakah yang dimaksud dengan tari kelompok? Tari kelompok yaitu jenis tarian yang dipentaskan secara berkelompok oleh beberapa penari secara bersama-sama. Dibanding jenis tari lainnya, tari kelompok termasuk jenis tarian yang mempunyai banyak contoh. Contoh tari kelompok tersebut antara lain:

Berdasarkan setting panggung dan jumlah penari nya 10 Contoh Tari Kelompok, Pengertian, dan Penjelasannya

1. Tari Saman asal Aceh

Tari saman merupakan salah satu tari tradisional yang sangat terkenal dikancah internasional. Tarian ini dipentaskan oleh para penari berjumlah ganjil secara berkelompok. Gerakan yang mendominasi yaitu gerak tepuk tangan, tepuk dada, tepuk paha, dan tepuk lantai yang berpadu secara dinamis dan saling melengkapi. Asal permintaan tari saman diperkirakan berasal dari akulturasi budaya Melayu Aceh dan budaya Islam. Hingga sekarang tarian ini masih sering dipentaskan dalam aneka macam even. Selengkapnya wacana tari tradisional ini, silakan simak pembahasannya di link berikut : Tari Saman.

2. Tari Piring asal Sumatera Barat

Selain tari saman, tari piring asal Sumatera Barat juga merupakan pola tari kelompok. Tarian ini dipentaskan dengan properti utama yaitu sepasang piring yang dipegang para penarinya. Para penarinya sendiri berjumlah ganjil, sedikitnya 3 orang dan paling banyak 9 orang. Tari ini mengisahkan wacana perjalanan hidup seorang petani dengan aktivitas bercocok tanam yang dilakukannya. Selengkapnya wacana tari tradisional ini, silakan simak pembahasannya di link berikut : Tari Piring.

3. Tari Kecak asal Bali

Siapa yang tak kenal dengan tari asal Bali yang satu ini. tari kecak yaitu sebuah tarian yang sangat dikenal alasannya ciri khasnya yang dipentaskan oleh banyak orang sekaligus, yakni sekitar 50 sd 70 orang. Tarian yang mengangkat dongeng wacana dongeng cinta Sri Rama dan Dewi Sinta ini juga termasuk pola tari kelompok. Selengkapnya wacana tarian tradisional ini, silakan simak pembahasannya di artikel berikut : Tari Kecak.

Berdasarkan setting panggung dan jumlah penari nya 10 Contoh Tari Kelompok, Pengertian, dan Penjelasannya

4. Tari Gambyong asal Jawa Tengah

Tari gambyong yaitu tari yang berasal dari budaya masyarakat Jawa kelas bawah. Tarian ini lalu dikembangkan menjadi tarian klasik khas keraton alasannya ketertarikan raja Surakarta pada keindahan tarian ini. Gambyong sendiri juga merupakan pola tari kelompok alasannya dalam pementasannya ia dimainkan oleh beberapa orang penari sekaligus. Selengkapnya wacana tari tradisional ini, silakan simak pembahasannya di artikel berikut : Tari Gambyong.

5. Tari Kipas Pakarena asal Sulawesi Selatan

Masyarakat Gowa-Sulawesi Selatan juga dikenal mempunyai budaya yang telah maju semenjak masa silam. hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah tarian etnik yang berjulukan tari kipas pakarena. Tarian ini juga merupakan pola tari kelompok alasannya dipentaskan secara bantu-membantu oleh beberapa orang penari. Properti utama yang dipakai dalam tarian ini yaitu sepasang kipas yang digerakan secara mendayu-dayu mengikuti irama musik pengiringnya. Selengkapnya wacana tarian tradisional ini, silakan simak di pembahasan berikut : Tari Kipas Pakarena.

Selain kelima pola di atas, masih terdapat banyak sekali pola tari kelompok lainnya yang sanggup kita temukan dalam budaya masyarakat orisinil Indonesia. Beberapa pola lain tersebut yaitu tari kuda lumping, tari serimpi, dan tari bedaya.

Nah, demikianlah pembahasan wacana pengertian dan pola tari kelompok beserta penjelasannya. Semoga sanggup menambah pengetahuan dan wawasan Anda wacana khasanah budaya Indonesia. Salam.
Share it:

Tarian

Post A Comment:

0 comments: