10 Teladan Tari Tunggal, Pengertian, Dan Penjelasannya

Share it:
Apabila digolongkan menurut jumlah penarinya, tarian dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu tari tunggal yang dimainkan oleh 1 orang penari, tari berpasangan yang dimainkan secara berpasangan, dan tari kelompok yang dimainkan oleh kelompok penari. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas jenis-jenis tari tersebut satu persatu, lengkap dengan contoh-contohnya. Untuk artikel pertama ini, mari kita bahas ihwal pengertian dan pola tari tunggal sebagai permulaannya.

Contoh Tari Tunggal

Tari tunggal ialah tari yang dipentaskan oleh satu orang penari saja. Dibandingkan jenis tari berpasangan dan tari kelompok, tari tunggal cenderung lebih gampang dipelajari dan dipentaskan alasannya unsur kekompakan tidak terlalu diperlukan. Para penarinya hanya berfokus pada gerakannya masing-masing untuk membuat wirasa, wirama, dan wiraga yang seindah mungkin..

Ada banyak pola tari tunggal yang ada dalam budaya tari tradisional Indonesia. Berikut ini contoh-contoh tersebut beserta penjelasannya.

Apabila digolongkan menurut jumlah penarinya 10 Contoh Tari Tunggal, Pengertian, dan Penjelasannya

1. Tari Kancet Ledo

Tari kancet ledo sering kali disebut dengan nama tari gong. Dinamai demikian alasannya tarian yang berasal dari budaya suku dayak Kenyah di Kalimantan Timur ini dipentaskan di atas sebuah gong besar. Saat menari, penarinya memakai pakaian watak Kalimantan Timur dan properti berupa bulu burung enggang sambil menginjak sebuah gong. Tari kancet ledo sendiri ditarikan oleh seorang gadis. Tema yang diangkat ialah ihwal kehidupan dan perilaku seorang gadis dayak yang penuh dengan kelembutan. Kendati termasuk pola tari tunggal, kancet ledo ketika ini kerap juga dipentaskan secara gotong royong oleh lebih dari 2 penari.

2. Tari Jaipong

Siapa tak kenal dengan tarian khas Karawang, Jawa Barat ini. ciri khas gerakan semi erotis yang diperagakan penarinya dengan diiringi tabuhan gendang membuat tarian ini sempat terkenal di tahun 80-an sebagai salah satu alternatif hiburan rakyat. Tarian yang dipentaskan oleh seorang sinden perempuan ini juga masuk dalam katagori pola tari tunggal. Pasalnya sampai kini, sangat jarang tarian ini dipentaskan secara bersama-sama. [Baca Juga : Unsur Unsur Tari]

3. Tari Gandrung

Tari gandrung ialah tari tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur. Tarian ini dahulunya dipentaskan sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah. Ia dipentaskan oleh seorang gadis dengan tabuhan gamelan dan musik pengiring lainnya. Kendati termasuk pola tari tunggal, ia juga remaja ini sanggup dipentaskan secara berkelompok.

4. Tari Srimpi

Tari serimpi ialah tari klasik yang dipopulerkan oleh keraton Kasultanan Mataram sebagai tari sakral ketika prosesi pengangkatan sultan menuju tahtanya. Tarian ini termasuk contoh tari tunggal karena hanya dipentaskan oleh satu orang penari, meskipun sekarang kita juga sanggup menemukan pementasannya dilakukan oleh lebih dari 3 orang. Gerakan-gerakan tari serimpi menggambarkan kelemahlembutan perempuan Jawa yang khas dengan selendang panjang yang berfungsi sebagai properti tariannya.

Apabila digolongkan menurut jumlah penarinya 10 Contoh Tari Tunggal, Pengertian, dan Penjelasannya

5. Tari Pendet

Tari pendet adalah tari tradisional asal Bali yang diciptakan oleh seorang seniman I Wayan Rindi. Dahulu, tari ini hanya dipentaskan oleh 1 orang penari perempuan saja, namun pada perkembangannya ia sekarang juga sanggup dimainkan oleh lebih dari 3 orang penari. Tarian ini berfungsi sebagai tarian selamat tiba untuk menyambut tamu agung yang tiba ke Bali. Ia sangat terkenal bahkan bagi masyarakat Internasional alasannya adanya ciri khas gerakan yaitu gerak mata yang tajam dan mimik wajah penarinya yang mempunyai nuansa anggun.

Selain kelima tarian di atas, terdapat beberapa pola tari tunggal lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa pola tersebut:

  1. Tari talendhek asal Jawa Timur
  2. Tari gambyong asal Jawa Tengah
  3. Tari cokek asal Jawa Tengah
  4. Tari batek baris asal Sumbawa
  5. Tari leleng asal Kalimantan
  6. Tari merak asal Sunda dan Bali 


Demikianlah sekilas pembahasan kami ihwal contoh tari tunggal dan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan sanggup menjadi embel-embel wawasan. Selanjutnya, silakan simak pembahasan kami ihwal contoh tari berpasangan pada artikel berikutnya. Salam.
Share it:

Tarian

Post A Comment:

0 comments: