35 Rumah Adab Indonesia, Nama, Gambar, Dan Penjelasannya 5

Share it:
Artikel ini merupakan penggalan ke 5 (terakhir) dari artikel utama mengenai daftar nama rumah susila Indonesia. Nah, kalau di artikel penggalan ke 4 kita telah membahas bermacam-macam rumah susila dari provinsi-provinsi di Pulau Sulawesi, di kesempatan kali ini kita akan mengulas secara lengkap perihal arsitektur dan gaya hunian rumah susila dari provinsi-provinsi di Wilayah Timur Indonesia.

Rumah Adat Indonesia

Perlu diketahui bahwa Wilayah Indonesia Timur mencakup beberapa provinsi yang tergabung ke dalam kepulauan Sunda Kecil, menyerupai Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur; Kepulauan Maluku, menyerupai Provinsi Maluku dan Maluku Utara; serta Pulau Papua, yang mencakup Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua, dan Provinsi Kepulauan Cendrawasih. Provinsi-provinsi di Wilayah Indonesia Timur tersebut mempunyai keunikan rumah susila masing-masing menyerupai telah kami rangkum penjelasannya sebagaimana berikut.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

28. Rumah Adat Bali

Rumah susila Bali berjulukan Gapura Candi Bentar. Dinamai demikian alasannya rumah ini dilengkapi dengan sepasang gapura berukuran besar tanpa atap yang saling terpisah. Antar satu gapura dengan gapura lain hanya dihubungkan dengan beberapa anak tangga. Gapura juga dilengkapi dengan bermacam-macam ornamen khas Bali serta pajangan patung-patung yang merupakan simbol budaya Bali.

Gambar di samping ialah gambar dari rumah susila Gapura Candi Bentar. Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari rumah susila satu ini, silakan Anda baca informasinya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

29. Rumah Adat Nusa Tenggara Barat

Rumah susila Nusa Tenggara Barat (NTB) berjulukan Rumah Dalam Loka. Rumah Dalam Loka bergotong-royong merupakan rumah atau istana bagi raja-raja di Sumbawa di masa silam. Hal ini sesuai dengan arti nama rumah tersebut, Dalam yang berarti Istana dan Loka yang berarti Dunia.

Rumah Dalam Loka berukuran besar dan mempunyai struktu panggung dengan materi pembuatan berupa kayu jati. Rumah susila ini terbagi atas beberapa ruangan menyerupai balairung, serambi depan, dapur, dan ruang keluarga sultan. Ia juga mempunyai 2 lantai menyerupai yang gambarnya sanggup dilihat pada kenampakan di samping. Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari Rumah Dalam Loka, silakan Anda baca informasinya di link ini.


 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

30. Rumah Adat Nusa Tenggara Timur

Rumah susila Nusa Tenggara Timur (NTT) berjulukan Rumah Adat Musalake. Sesuai namanya, Mosa Laki yang berarti Kepala Suku, maka Rumah Musalake juga merupakan rumah tinggal bagi kepala suku Ende. Rumah tersebut dipakai untuk bermacam-macam keperluan adat, mulai dari kawasan digelarnya upacara ritual adat, sampai sebagai kawasan bermusyawarah untuk tetapkan suatu keputusan

Dilihat dari arsitektur bangunannya, rumah khas Suku Ende Lio disebut mempunyai beberapa keunikan struktur konstruksi. Salah satunya terletak pada bentuk atap yang menjulang tinggi ke atas serta bentuk ruangannya yang persis perseg empat bila dilihat tampak atas. Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari Rumah Adat Musalake, silakan Anda baca informasinya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

31. Rumah Adat Maluku

Rumah susila Maluku berjulukan Rumah Adat Baileo. Bagi masyarakat Maluku, Rumah Baileo bukan hanya berfungsi sebagai kawasan tinggal dan kawasan penyimpanan benda suci, kawasan upacara adat, dan balai warga semata. Ia juga berfungsi sebagai representasi budaya Maluku sekaligus identitas susila di kancah Nasional.

Rumah Baileo sanggup dengan gampang diidentifikasi dari beberapa ciri spesifik yang terdapat pada gaya arsitekturnya. Ukuran rumah Baileo yang sangat besar, modelnya yang berupa rumah panggung, serta adanya beberapa ornamen etnik sebagai hiasan merupakan beberapa ciri tersebut. Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari rumah susila Baileo, silakan Anda baca informasinya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

32. Rumah Adat Maluku Utara

Rumah susila Maluku Utara berjulukan Rumah Adat Sasadu. Rumah susila ini bergotong-royong tidak berfungsi sebagai kawasan tinggal. Fungsi utamanya tak lain dan tak bukan ialah sebagai balai pertemuan susila atau kawasan digelarnya bermacam-macam upacara dan ritual. Fungsi utama dari Rumah susila Sasadu sangat sesuai dengan gaya arsitekturnya yang nyaris tanpa dinding.

Gambar di samping ialah gambar dari rumah susila Maluku Utara ini. Jelas kita lihat bahwa rumah ini memang tak dilengkapi dinding dan bahkan masih beralaskan tanah. Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari rumah susila Sasadu, silakan Anda baca informasinya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

33. Rumah Adat Papua Barat

Rumah susila Papua Barat berjulukan Mod Aki Aksa. Mod Aki Aksa sendiri berarti Rumah Berkaki Seribu. Dinamai demikian alasannya desain rumah susila suku Arfak ini dilengkapi dengan berbagai tiang penyangga. Setiap tiang-tiang penyangga yang terbuat dari kayu keras tersebut diukir sedemikian rupa sebagai hiasan sekaligus sebagai pengusir kekuatan jahat yang bisa mengganggu pemilik rumah.

Selain dalam budaya suku Arfak, rumah Mod Aki Aksa juga ditemukan dalam budaya suku-suku Papua Barat lainnya menyerupai suku Doteri, suku Kuri, Sebyar, Moscona, Kambou, Onim, Sekar, Mairasi, Maibrat, Imeko, Moi, Simuri, Irarutu, Tehit, Tipin, Maya dan suku Biak. Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari rumah susila Mod Aki Aksa, silakan Anda baca informasinya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

34. Rumah Adat Papua

Rumah susila Papua berjulukan Rumah Honai. Rumah Honai merupakan rumah berbentuk kerucut yang dibentuk dari materi jerami atau daun alang-alang yang disusun sedemikian rupa. Honai biasanya terdiri dari 2 lantai, lantai pertama dipakai untuk kawasan tidur, sementara lantai atas dipakai untuk kawasan berkumpul atau memperabukan api unggun.

Honai biasanya hanya berukuran sempit dengan tinggi tidak lebih dari 2,5 meter. Arsitektur ini dirancang supaya rumah honai sanggup menahan hawa hambar khas iklim pegunungan Papua.

Honai sanggup ditemukan dalam 3 peruntukan, yaitu untuk pria (Honai), untuk wanita (Ebei), dan untuk sangkar babi atau ternak (Wamai). Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari rumah susila Honai, silakan Anda baca informasinya di link ini.

 dari artikel utama mengenai daftar nama 35 Rumah Adat Indonesia, Nama, Gambar, dan Penjelasannya 5

35. Rumah Adat Kep. Teluk Cendrawasih

Kep. Teluk Cendrawasih ialah provinsi Indonesia yang terakhir diresmikan dan menjadi provinsi ke 35. Kendati terbilang baru, bukan berarti masyarakat Kep. Cendrawasih tidak mempunyai budaya. Adat dan budaya masyarakat suku Wamesa sebagai suku orisinil provinsi ini justru telah berkembang sangat pesat. Hal ini dibuktikan salah satunya oleh keberadaan rumah susila Kep. Teluk Cendrawasih berjulukan Rumah Lgkojei.

Rumah susila ini bergotong-royong mempunyai bentuk yang serupa dengan rumah Mod Aki Aksa atau rumah Kaki Seribu khas Papua Barat. Namun, pada rumah Lgkojei bentuknya lebih menyerupai rumah panggung, terdapat banyak ventilasi udara dan lubang cahaya, serta atapnya yang lebih tinggi. Bisa dibilang rumah susila Lgkojei ini ialah rumah susila perkembangan dari rumah susila Mod Aki Aksa. Selengkapnya perihal desain, arsitektur, dan filosofi dari rumah susila Lgkojei, silakan Anda baca informasinya di link ini.

Nah, demikianlah rangkuman yang sanggup kami buat perihal daftar nama rumah susila di Indonesia beserta gambar dan penjelasannya. Semoga pemaparan ini sanggup bermanfaat bagi kita semua dan bisa menyadarkan kita perihal betapa pentingnya melestarikan budaya bangsa. Salam.

Share it:

5. Bali dan NT

6. Maluku dan Papua

Rumah Adat

Post A Comment:

0 comments: