Rumah Moral Papua (Rumah Honai), Gambar, Dan Penjelasannya

Share it:
Rumah Adat Papua / Papua yaitu provinsi yang berada paling timur dalam wilayah Indonesia. Dengan wilayah seluas 309.934,4 km2, provinsi ini menjadi provinsi terluas di Indonesia. Saking luasnya, masyarakat Papua yang hidup dari latar belakang suku berbeda, hidup terpencar-pencar. Suku orisinil masyarakat Papua sendiri berjumlah ratusan dengan beberapa suku lebih banyak didominasi di antaranya suku Dani, Damal, Amungme, Arfak, Asmat, Yali, dan lain sebagainya. Masing-masing suku ini mempunyai sopan santun dan istiadat yang berbeda-beda. Kendati begitu, di antara sopan santun istiadat tersebut terdapat beberapa kesamaan, contohnya dari sisi rumah adat yang biasanya mereka gunakan untuk bertahan hidup di iklim Papua yang dingin.

Rumah Adat Papua

Rumah sopan santun Papua tersebut berjulukan rumah Honai. Rumah Honai sendiri sebutan bagi rumah para laki-laki Papua pandai balig cukup akal yang berbentuk menyerupai kerucut dan dibangun dari material yang murni 100% dari alam. Berdasarkan fungsinya sendiri, rumah Honai sanggup dibedakan menjadi 3, yaitu rumah bagi Pria (yang disebut Honai), rumah bagi perempuan (Ebei), dan rumah yang khusus dipakai untuk sangkar binatang atau babi (Wamai). Ketiga jenis rumah Honai ini dari strukturnya terlihat sama persis, hanya saja untuk rumah yang dikhususkan bagi laki-laki ukurannya biasanya lebih tinggi.

 Papua yaitu provinsi yang berada paling timur dalam wilayah Indonesia Rumah Adat Papua (Rumah Honai), Gambar, dan Penjelasannya

1. Struktur Honai Rumah Adat Papua

Berbeda dengan kebanyakan rumah sopan santun di Indonesia yang berstruktur panggung, rumah Honai sendiri mempunyai lantai berupa tanah. Lantai rumah honai ada 2, lantai pertama yang beralas tanah biasanya dipakai untuk daerah berkumpul, bermusyawarah, dan beraktivitas ketika malam hari, dan lantai kedua yang beralas papan dipakai untuk daerah tidur. Untuk menghubungkan lantai pertama dan kedua, dipakai sebuah tangga yang terbuat dari kayu, sementara itu di tengah lantai pertama biasanya juga terdapat daerah memperabukan kayu (membuat api unggun) yang dipakai untuk menghangatkan ruangan ketika malam hari.

Rumah honai berukuran sempit yaitu tinggi sekitar 3 meter dan diameter sekitar 5 meter. Meski sempit, rumah sopan santun Papua ini diisi oleh banyak orang antara 5 sd 10 orang, hal ini dimaksudkan supaya suhu di dalam rumah sanggup tetap terjaga hangat. Untuk menjaga suhu tetap hangat, rumah honai juga tidak dilengkapi dengan jendela. Pintu rumah sopan santun ini pun hanya ada 1 buah terletak di cuilan depan rumah. Karena desain menyerupai ini, terlebih ketika malam api unggun dinyalakan di dalam rumah, maka rumah ini akan terasa begitu pengap terutama bagi mereka yang pertama kali memasukinya.

 Papua yaitu provinsi yang berada paling timur dalam wilayah Indonesia Rumah Adat Papua (Rumah Honai), Gambar, dan Penjelasannya


Secara keseluruhan, rumah Honai dibentuk dari material yang sanggup diperoleh dari alam. Tiang-tiang penyangga rangka atap terbuat dari kayu bulatan berukuran kecil, dindingnya terbuat dari bilah papan cuilan luar, lantai kedua terbuat dari papan, sementara atapnya yang melengkung terbuat dari jerami atau alang-alang kering.

2. Makna Filosofis Rumah Honai

Bagi masyarakat sopan santun Papua, Honai bukan hanya sekedar bangunan rumah daerah tinggal semata. Rumah honai bagi mereka juga dianggap sebagai daerah pengajaran kehidupan. Rumah honai untuk laki-laki dipakai sebagai daerah untuk mendidik para cowok perihal cara bertahan hidup dan menjadi laki-laki sejati yang bertanggung jawab atas kehidupan kelompoknya, sementara rumah Ebei untuk perempuan dipakai sebagai daerah pengajaran bagi para gadis dan anak perempuan perihal cara mengurus rumah tangga dan bagaimana menjadi perempuan seutuhnya sesudah mereka kelak menikah dan mempunyai anak.

Demikian pemaparan yang sanggup kami sampaikan perihal arsitektur rumah sopan santun Papua yang berjulukan Rumah Honai. Semoga sanggup dengan gampang dipahami dan sanggup menambah wawasan budaya Anda terutama perihal kehidupan masyarakat Papua. Salam.
Share it:

6. Maluku dan Papua

Rumah Adat

Post A Comment:

0 comments: